Peluang dan Tips Memulai Usaha Peternakan Bebek Untuk Pemula


Bisnis bebek merupakan salah satu usaha yang sangat potensial di Indonesia. Segala olahan daging bebek menjadi menu yang sangat digemari di berbagai restoran maupun warung - warung pinggir jalan. Tak hanya dagingnya saja, telur bebek juga bisa dijual untuk mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Banyak orang yang menjalankan usaha ternak bebek karena keuntungannya lebih menjanjikan daripada beternak unggas jenis lainnya. Sebagai contoh, telur bebek penjualannya dihitung perbiji dan bukan perkilo seperti telur ayam ras, sehingga keuntungannya lebih besar. Cara perawatan dan pemeliharaan yang cukup mudah pun menjadi alasan banyak orang memilih beternak bebek.

Mengingat peluang usaha beternak bebek sangat menguntungkan, tidak ada salahnya Anda menjalankan bisnis ini untuk meraup keuntungan besar. Namun sebelumnya Anda harus menyiapkan diri dengan segala pemahaman tentang berbagai hal untuk menyiapkan bisnis bebek, seperti kandang, bibit unggul, pakan ternak, pemeliharaan dan perawatan, serta pemasaran.

Yang tak kalah penting, Anda harus menentukan apakah Anda akan beternak bebek petelur atau bebek pedaging. Nah, agar Anda tidak bingung, berikut ini beberapa jenis usaha peternakan bebek yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Usaha Bebek Petelur
Untuk menghasilkan telur tetas yang bagus, Anda membutuhkan 3 - 5 ekor bebek jantan untuk 50 - 100 bebek betina. Untuk kandangnya, disarankan Anda membuat kolam di dalam kandang agar bebek bisa berenang dan kawin dengan proses yang alami.

Apabila bebek sudah bertelur, kumpulkan dan tetaskan dengan bantuan mesin penetas. Mengapa harus memakai mesin? Ya, karena bebek hampir tidak memiliki naluri untuk mengerami telurnya. Jangka waktu penetasan dengan menggunakan mesin kurang lebih selama 28 hari.

2. Usaha penetasan atau DOD
Yang dimaksud dengan DOD adalah penetasan bebek usia 1 hari hingga 2 bulan. Untuk menjalankan usaha ini sebaiknya Anda pertimbangkan dulu karena lama penetasannya lebih panjang daripada telur ayam. Untuk menghasilkan tetasan yang baik, tentunya Anda harus mempersiapkan telur tetas yang baik serta mesin tetas yang berkualitas.

Meskipun membutuhkan jangka waktu penetasan yang cukup lama, tapi begitu DOD yang menetas langsung dapat terjual maka keuntungannya bisa berlipat. Jika tidak, maka Anda membutuhkan biaya tambahan untuk pemeliharaan.

3. Usaha Bebek Pedaging
Menjalankan usaha bebek pedaging merupakan alternatif tepat bagi Anda, mengingat saat ini permintaan daging bebek semakin meningkat. Umumnya, bebek yang akan dijadikan bebek pedaging adalah DOD jantan. Hal ini karena harga bibit DOD jantan cenderung lebih murah namun pertumbuhannya lebih cepat daripada betina.

Masa pemeliharaan bebek pedaging juga relatif singkat, yaitu sekitar 2 - 3 bulan dan sudah dapat dipanen. Perlu diingat, jika Anda masih pemula dalam menjalankan bisnis usaha peternakan bebek ini Anda harus pandai memperhitungkan pakan ternak, karena harganya fluktuatif dan mudah berubah.

Comments